PENANAMAN, PEMELIHARAAN, DAN PEMBIBITAN

Upaya seluruh warga madrasah berpartisipasi dalam mengadakan penghijauan di lingkungan madrasah

Penghijauan merupakan upaya rehabilitasi lahan kritis dan lahan lainya di luar kawasan hutan dengan maksud untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi lahan sesuai  dengan kemampuan yaitu bagi kepentingan fungsi tata air , fungsi produksi, dan fungsi perlindungan. Sedangkan tujuan Penghijauan adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup sehingga tercipta suasana yang asri, serasi, lestari sesuai   dengan tujuan pelaksanaan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Adapun manfaat penghijauan diantaranya  mengurangi polusi, mengurangi partikel debu, merupakan sebagai bagian dari kurikulum madrasah. Dengan terciptanya lingkungan madrasah yang asri sangat memberikan banyak sumbangan terhadap alam ini karena dari lingkungan asri akan banyak memberikan sumbangan oksigen. Lingkungan Madrasah menjadi lebih sejuk demikian pula  menambah persediaan air bagi komponen abiotik. Penghijauan di lingkungan madrasah dilakukan  setiap hari sesuai dengan penjadwalan kader ataupun saat ada moment tertentu, yang dilakukan oleh semua warga madrasah beserta wali murid.

Perlu diketahui bahwasanya penghijauan tidak hanya menanam pohon saja melainkan membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar madrasah, serta membuang sampah pada tempatnya juga termasuk penghijauan.

Di siraman,  24 Mei 2023, dalam rangka menanamkan karakter peduli lingkungan, kader MTsN 8 Blitar melaksanakan kegiatan menanam pohon di desa Siraman kecamatan Kesamben, bermitra dengan masyarakat di desa tersebut, pemilihan daerah tersebut karena cukup banyak siswa yang berasal dari desa Siraman, sehingga kegiatan yang dilakukan didaerah tersebut juga bermaksud menjalin silaturohmi dengan wali siswa. Kegiatan ini di awali dengan berbagi bibit buah, diantaranya yakni; bibit tanaman buah Jambu Jamaika dan bibit tanaman buah Sawo Black

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *